TIPS MEMBUAT BLOG PROFESIONAL

Pada era sekarang ini, tentu saja teknologi informasi telah menjadi pilihan untuk memepermudah aktivitas kita. Blog salah satunya. Blog merupakan salah satu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan yang biasa disebut posting inilah yang akan memberikan informasi kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan pengguna.

            Blog dapat dibedakan menjadi beberapa klasifikasi, antara lain blog pribadi, blog jual beli, blog sebuah instansi ataupun yang lainnya. Apapun jenis blog yang diinginkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadikan sebuah blog baik dan benar.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat blog profesional :

  1. Tentukan Tujuan dari Blog yang Anda Buat

Tujuan akan membuat blog Anda lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan yang dicari penguna.

  1. Tentukan Segmen Blog

Segmen blog akan digunakan sesuai dengan ruang lingkup dari blog yang Anda buat. Pengguna akan lebih mudah memahami dan menyukai jika blog Anda tidak “mlenceng” dari pembahasan.

  1. Tentukan Nama Blog yang Memungkinkan Menjadi Keyword

Berilah nama blog Anda sesuai dengan tema ataupun konten blog Anda. Jangan memberikan nama Anda ataupun kata yang jarang diketikkan ke dalam mesin pencari.

  1. Buatlah taxonomi Sesederhana Mungkin

Taxonomi digunakan untuk mengelompokkan menu secara garis besar. Dengan adanya taxonomi dapat memudahkan pengguna saat membuka blog Anda. Jangan lupa, susunlah taxonomi sesuai dengan tingkat kepentingan menu blog.

  1. Berilah Artikel yang Berkualitas

Artikel yang ada di blog Anda haruslah menyesuaikan dengan jenis blog Anda. Misalnya, jangan memasukkan sesuatu yang belum dapat dibuktikan kebenarannya pada sebuah blog kesehatan. Itu akan mengurangi keyakinan pengguna akan blog Anda.