Strategi Supply Chain Management

Strategi SCM

Definisi Strategi Supply Chain adalah berbagai keputusan baru yang diambil untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang yang telah ditentukan dalam sebuah perusahaan. Disini yang dimaksud keputusan dapat berupa pembanguanan pabrik baru, penambahan kapasitas produksi, penyerahan tanggungjawab pengelolan suplier, penambahan produk baru, dll

Operation Strategy di definisikan sebagai bagian dari Strategi keputusan dan tindakan yang menentukan aturan, tujuan dan aktifitas dari suatu operasi.

Tujuan Strategis pada Supply Chain

Strategi tidak bisa dilepaskan dari tujuan jangka panjang. Keputusan-keputusan jangka pendek dan di lingkungan local mestinya harus mendukung organisasi atau supply chain kea rah

tujuan-tujuan strategis tersebut.

  1. menyediakan produk yang : murah, berkualitas, tepat waktu dan bervariasi agar dapat dipandang penting oleh pelanggan.
  2. Dalam konteks operasi supply chain, tujuan-tujuan tsb bisa dicapai apabila memiliki kemampuan untuk : beroperasi secara effisien, menciptakan kualitas, cepat, fleksibel, dan inovatif.

 

Karakter produk dan pasar

Tingkat kepentingan dari empat aspirasi pasar tidak sama untuk tiap produk dan tiap segmen pasar.

  • Produk dibuat untuk mencerminkan aspirasi pasar yang berbeda.
  • Produk sendiri (Marshal Fisher) dibagi menjadi dua kategori yaitu
  • produk fungsional dan produk inovatif.
  • Produk Fungsional adalah dengan konfigurasi standar dan siklus
  • hidup panjang, sedangkan produk inovatif memiliki banyak variasi dan tiap produk hanya akan bertahan sebentar di pasar dan akan digantikan oleh variasi yang lain.