Cara AMPUH Terbebas dari Cyber Crime

Cara Ampuh Terbebas dari Cyber Crime

Saran dari Kementerian Komunikasi untuk menghidari ccybercrime dengan berbagai tindakan yang dilakukan  seperti

1. Gunakan enkripsi data seperti (WPA2: Wi-Fi Protected Access 2, dan lain-lain.) pada jaringan lokal (LAN) nirkabel di rumah atau kantor sehingga komunikasi teks yang jelas tidak dapat disadap dan mencegah akses yang tidak sah.

2. Bagi para pengguna smartphone, dianjurkan untuk selalu memperbarui sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak antivirus ke versi terbaru. Selain itu, saat mengungunduh aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah situs tersebut dapat dipercaya dan cek siapa yang menyediakan aplikasi tersebut.

  1. Para pengguna internet diharapakan bisa lebih berhati-hati saat mengeklik situs yang tidak bisa dipercaya.4. Pengguna surat elektronik dianjurkan untuk tidak membuka lampiranemailatau alamat situs yang mencurigakan. “Install perangkat lunak antivirus dan pastikan selalu up to date, serta secara berkala memperbarui aplikasi dan sistem operasi,” ujar Gatot.

Selain itu juga ada cara lainnya yaitu

  1. Ganti Password Secara Berkala
    Meskipun password terpanjang pun dapat dibajak apabila digunakan bertahun-tahun. Maka, disarankan untuk mengganti password tersebut, baik secara berkala atau acak.